Friday, June 25, 2010

Marcello Lippi

Marcello Lippi: Saya Gagal Melatih

Marcello Lippi. (ANTARA/REUTERS/Siphiwe Sibeko)
Johannesburg (ANTARA News) - Pelatih Italia Marcello Lippi menyatakan bertanggung jawab penuh atas tersingkirnya Italia dari putaran final Final Piala Dunia secara memalukan, dengan mengatakan dia tidak melatih cukup baik tim asuhannya itu.

Juara bertahan Italia kalah 3-2 dari tim debutan Piala Dunia Slowakia, yang lolos ke babak 16 besar bersama Uruguay, padahal Gruf F di mana Italia bercokol itu dianggap sebagai grup lemah.

"Saya menanggung semua tanggung jawab. Saya tidak menyiapkan tim ini dengan cukup baik," kata Lippi yang wajahnya merah (menahan malu) dalam jumpa pers yang tidak diselipi satu pun pertanyaan dari wartawan.

"Saya tidak memikirkan kami bisa memenangkan Piala Dunia, meski begitu saya menyangka kami akan tampil lebih baik."

Dalam satu penilairan terjujurnya mengenai apa yang telah terjadi, selama 15 menit mengungkapkan pernyataan yang mengungkapkan keterpukulannya.

"Saya gagal melatih tim dengan cukup baik, mereka tidak siap untuk laga sepenting itu. Saya kira, selama satu jam 15 menit, dan dari alasan-alasan psikologis, semuanya tidak berjalan," katanya.

Pria berusia 62 dan menjadi pahlawan yang mengantarkan Azzurri menjuarai Piala Dunia 2006, sudah menyatakan bakal mengundurkan diri setelah putaran final Piala Dunia 2010 selesai. Dia akan digantikan oleh Cesare Prandelli.

Lippi pertama kali mengundurkan diri dari pelatih timnas Italis setelah keberhasilan negara itu di Piala Dunia Jerman 2006, namun kembali lagi ke pasukannya pada 2008 setelah penampilan mengecewakan Italia di Piala Eropa yang saat itu diasuh Roberto Donadoni.

"Saya tidak menyesal kembali (melatih timnas), saya kembali dengan antusiasme yang besar," tambahnya.

Lippi mendapat kecaman pedas dari media Itali setelah hanya bisa bermain seri 1-1 dengan dua lawan terdahulunya. Dia menyatakan belum berhasrat melatih sepakbola lagi.

"Saya akan istirahat beberapa bulan dan kita lihat saja nanti." katanya.

Jumat, 25 Juni 2010 00:49 WIB

No comments:

Post a Comment